Modul merupakan bentuk bahan ajar yang dibuat secara rinci dengan bahasa baku dan dipahami peserta didik, sesuai dengan umur juga kemampuan belajar siswa, sehingga taraf belajar mandiri dapat meningkat dan diikuti bimbingan pendidik. Menanggapi akan minimnya bahan ajar tersebut maka, saat ini perlu pemanfaatan model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dan dapat menambah wawasan atau pengetahuan yang tidak membosankan bagi siswa. Bahan ajar yang tepat dalam mengatasi rasa bosan siswa diantaranya yaitu sumber belajar berupa bahan ajar. Problem Solving merupakan aktivitas belajar mengajar yang secara ilmiah siswa dapat berpikir kritis, dan menemukan solusi dalam pemecahan suatu masalah. Tujuan utama penelitian pembelajaran ini dilakukan ini untuk menyelidiki dan memecahan suatu masalah serta menguasai tujuan belajarnya dan mandiri dalam kegiatan belajar mengajar dalam menyelesaikan problema dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan Problem Solving. Penelitian dilakukan selama dua bulan terhitung mulai 22 Februari-22 April 2021. Berdasarkan hasil penelitian hasil presentasi dari modul yang dikembangkan mendapatkan nilai dari ahli materi 93,47% dan nilai dari ahli media 83,92%. Berdasarkan hasil presentasi dari ahli media dan ahli materi, maka modul yang dikembangkan layak digunakan.
Copyrights © 2021