cover
Contact Name
Miftah Rakhmadian
Contact Email
miftahrdian@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ecoducation.journal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Citandui No.46, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Ecoducation
ISSN : 26846993     EISSN : 26565234     DOI : https://doi.org/10.33503/ecoducation
Core Subject : Economy, Education,
The Scope of Economic and Education Journal (Ecoducation): Economic Education, Economics, Management, Accounting, Entrepreneurship.
Articles 193 Documents
Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung Siswa Jurusan Layanan Perbankan SMK Negeri Gudo Aulia Rahman, Bramasta; Nugroho Sulistyowati, Shanti
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol. 6 No. 2 (2024): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menabung adalah cara untuk mengelola uang Anda dengan niat untuk mendapatkan sesuatu di kemudian hari. Penelitian ini dibuat dengan tujuan mengumpulkan data mengenai faktor apa saja yang berpengaruh terhadap minat menabung. Studi ini dilakukan SMK Negeri Gudo Jombang, yang memiliki Mini Bank untuk memberikan layanan perbankan kepada siswa sekolah. Jenis penelitian ini kuantitatif, dengan metode pengambilan sampel pada 103 responden menggunakan purposive sampling. Analisis regresi linier berganda dipergunakan untuk menganalisis hasil dan data penelitian. Dalam penelitian ini menemukan bahwa (1) literasi keuangan berdampak secara signifikan dan berdampak sangat baik terhadap keinginan untuk menabung, (2) uang saku tidak berdampak secara signifikan dan positif terhadap keinginan untuk menabung, dan (3) gaya hidup berdampak secara signifikan dan positif terhadap keinginan untuk menabung.
Analisis Potensi Start up Farhan Variasi Mobil dalam Usaha di Bidang Otomotif Zaenul Arifin, Ahmad; Rakhmadian, Miftah; Wahyu F, Melisa; Nugroho, Deni
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol. 6 No. 2 (2024): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan bisnis yang banyak diminati pada saat ini oleh para wirausaha muda, salah satunya adalah bisnis yang akseroris atau variasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana potensi start up ekonomi kreatif Farhan Variasi Mobil dalam usaha dibidang otomotif, dan juga bagaimana pengelolaan pada bisnis Farhan Variasi Mobil. Penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bisnis start up Farhan Variasi Mobil dapat berpotensi lebih besar apabila memenuhi karakteristik pasar yang ada sekaligus, selalu update terhadap perubahan-perubahan pasar maupun jenis variasi keluaran terbaru, serta berusaha memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada untuk saat ini. Sebagai bisnis start up Farhan Variasi Mobil masih belum secara konsisten menerapkan fungsi manajemen seperti planning, organizing, actuating, controlling dalam binis pada umumnya. Dalam strategi pemasaran memlalui offline dan online terkadang pemasaran masih kurang maksimal, sebaiknya dibutuhkan tenaga pemasar yang lebih difokuskan ke pemasaran agar bisa menyerap pasar yang lebih luas. Farhan Variasi Mobil memiliki nama yang cukup besar di kalangan pelangan, hal ini dapat dilihat dari rating google map yang cukup tinggi dan kepercayaan pelangan yang cukup besar terhadap bengkel tersebut, manajemen bengkel yang masih kurang baik. Ancaman berasal dari pengusaha di bidang bisnis yang sama, dimana pemasaran yang terkadang pada saat waktu luang saja menjadikan bengkel mendapatkan ancaman yang lebih besar. Rencana pengembangan bisnis Farhan Variasi Mobil yang di usulkan, kiranya dapat memperbesar sakala usaha bisnis dengan mengunakan strategi kekuatan atau kelebihan yang ada, agar dalam pemanfaatan peluang ini menjadikan bisnis semakin berkembang untuk kedepanya.
Pengaruh Literasi Ekonomi, Literasi Digital Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Darmanto, Andryo; Vina Sefaverdiana, Putri; Rakhmadian, Miftah
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol. 6 No. 2 (2024): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aktivitas berwirausaha di Indonesia cenderung mengalami penurunan. Hal tersebut menunjukan perlunya menumbuhkan minat berwirausaha di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi, literasi digital dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Insan Budi Utomo Angkatan 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Sample dalam penelitian ini adalah 40 mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Insan Budi Utomo Angkatan 2020. Data kemudian uji kelayakannya dengan uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Sedangkan hipotesis diuji dengan uji regresi linier berganda, simultan, parsial dan determinasi. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial literasi ekonomi dan efikasi berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha, sedangkan literasi digital tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, Literasi Ekonomi, Literasi Digital dan Efikasi Diri berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Insan Budi Utomo Angkatan 2020.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dasar-dasar Akuntansi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Base Learning Pada Prodi Pendidikan Ekonomi Pujiharti, Yulita; Purwati, Titik; Sari, Loesita; Mukarom, Mukarom
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol. 6 No. 2 (2024): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar bertahun-tahun pada mata kuliah Dasar-dasar Akuntansi, terdapat hasil yang kurang menggembirakan. Rata-rata prestasi mahasiswa lima tahun terakhir terkategori rendah, pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah minim dan masih terdapatnya kepasifan mahasiswa di dalam ruang kuliah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mata kuliah Dasar-dasar Akuntansi. Rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) ini memadukan metode pembelajaran Project Base Learning dengan pendekatan kontekstual sehingga terdapat modifikasi langkah dari model PjBL yang murni. Dimana pada model PjBL dosen yang menyampaikan materi, tetapi pada metode ini mahasiswa membangun sendiri pemahamannya tentang satu materi sampai menyajikannya dalam bentuk presentasi materi disertai pemecahan masalah yang diberikan pada kelompok maupun individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses Pembelajaran menjadi lebih aktif dibanding dengan menggunakan metode konvensional, dimana mahasiswa terlibat sejak awal mulai dari pencarian materi, presentasi sampai pembuatan project berbasis project secara kelompok maupun individu.Proses keaktifan mahasiswa juga meningkat dari siklus ke siklus.Hasil pembelajaran juga meningkat dari siklus ke siklus dimana pada siklus 1 mean 59,21 akhir siklus 3 rata-rata prestasi mahasiswa mencapai 78,88 .Hasil belajar dari siklus ke siklus juga menunjukkan perkembangan. Ini berarti metode pembelajaran Project Base Learning dengan pendekatan kontekstual berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Dasar-dasar Akuntansi di Prodi Pendidikan Ekonomi.
Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Sintawati, Novia; Eko Prasetyo, Novi; Wahyu F, Melisa
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol. 6 No. 2 (2024): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi berwirausaha dan pengetahuan kewirausahaan, terhadap minat Bewirausahaan mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Insan Budi Utomo Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 41 responden dari total 75 mahasiswa program studi pendidikan ekonomi tahun akademik 2020. Pemilihan sampel dilakukan dengan rumus slovin. Teknik sampling pada penelitian ini adalah probability sampling dengan tipe Proportional Random Sampling. Data yang dipakai adalah data primer yang dikumpulkan melalui angket. Analisis data dilakukan dengan berbagai meliputi validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R Square), serta uji t dan uji F, dengan bantuan perangkat statistic SPSS Versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara terpisah variabel motivasi mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa, begitu juga dengan variabel pengetahuan kewirausahaan yang juga berdampak pada minat berwirausaha mahasiswa.
Mengelola Emosi dalam Keuangan: Pengaruh Stoisisme pada Perilaku Konsumen dan Keputusan Finansial Sedana Putra, Komang Widhya; Wulandari Laksmi, Kadek
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol. 6 No. 3 (2024): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v6i3.387

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan finansial di kalangan Generasi Z di Kota Denpasar dan mengevaluasi peran stoisisme sebagai moderator dalam hubungan tersebut. Menggunakan metode survei dengan populasi Generasi Z berusia 15 hingga 25 tahun dan sampel 60 individu yang ditentukan melalui rumus Slovin, penelitian ini mengumpulkan data menggunakan kuesioner skala Likert untuk mengukur perspektif responden mengenai perilaku konsumen, stoisisme, dan keputusan finansial. Data dianalisis dengan perangkat lunak PLS (Partial Least Squares) untuk uji reliabilitas, analisis deskriptif, dan inferensial. Hasil menunjukkan bahwa perilaku konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan finansial, mendukung teori perilaku konsumen dan pengambilan keputusan rasional. Sebaliknya, stoisisme sebagai moderator menunjukkan pengaruh negatif yang signifikan, mengurangi efektivitas perilaku konsumen dalam meningkatkan keputusan finansial. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya perilaku konsumen yang rasional dalam pengambilan keputusan finansial dan menunjukkan bahwa prinsip stoisisme, meskipun bermanfaat untuk mengelola stres, dapat mengurangi responsivitas terhadap peluang finansial. Penelitian ini memberikan wawasan bagi praktisi dan peneliti tentang pengaruh perilaku konsumen dan stoisisme dalam konteks finansial generasi digital.
Analisis Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Wordwall untuk Mengembangkan Collaborative Skills Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN Tawangmas 01 Kumala Sari, Widya Sinta; Fajriyah, Khusnul; Susilowati, Anis; Rahmawati, Noviana Dini
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol. 6 No. 3 (2024): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v6i3.388

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan kemampuan kolaboratif peserta didik kelas V SDN Tawangmas 01 melalui model pembelajaran berbasis masalah menggunakan wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah SD N Tawangmas 01. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V dengan jumlah 28 peserta didik. Metode analisis data menggunakan analisis interaksi Miles dan Huberman meliputi reduksi data, visualisasi data, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media wordwall diperoleh dari 24 peserta didik yang mempunyai kriteria partisipasi tinggi dan nilai akhir 85.
Strategi Keberlanjutan Perusahaan: Mengukur Implikasi Kinerja Keuangan dengan Dukungan Inovasi Produk Ariwangsa, IGN Oka; Sedana Putra, Komang Widhya; Laksmi, Kadek Wulandari; Sukarnasih, Desak Made
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol. 6 No. 3 (2024): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v6i3.389

Abstract

Riset ini bersasaran untuk menelaah implikasi kinerja keuangan terhadap keberlanjutan usaha dengan inovasi produk sebagai variabel moderasi. Latar belakang dari riset ini adalah pentingnya keberlanjutan usaha di era persaingan bisnis yang ketat, di mana kinerja keuangan yang kuat dan inovasi produk menjadi faktor kunci dalam mempertahankan kelangsungan bisnis. UKM, khususnya di Bali, memiliki peran penting dalam perekonomian lokal, sehingga memahami bagaimana kinerja keuangan dan inovasi produk sanggup mendukung keberlanjutan usaha adalah hal yang penting. Metodologi riset yang diterapkan dalam riset ini adalah metode kuantitatif, dimana instrumen kuncinya berupa kuesioner yang disebarkan kepada 100 UKM di Bali yang ditetapkan menggunakan cara purposive sampling. Data yang dikumpulkan diteliti dengan metode Partial Least Squares untuk menguji hubungan antara kinerja keuangan, inovasi produk, dan keberlanjutan bisnis. Kuesioner tersebut dikalkulasi menggunakan skala Likert untuk mengevaluasi persepsi responden terkait variabel riset. Hasil studi memperlihatkan bahwa kinerja keuangan secara meyakinkan dan positif memengaruhi keberlanjutan usaha, sedangkan inovasi produk mampu memoderasi hubungan tersebut. Inovasi produk memperkuat implikasi kinerja keuangan terhadap keberlanjutan, menyiratkan bahwa perusahaan yang melakukan inovasi produk secara efektif mampu memanfaatkan kinerja keuangannya untuk mencapai keberlanjutan usaha yang lebih baik. Riset ini berkontribusi dalam memberi panduan strategis bagi perusahaan dalam memadukan kinerja keuangan dan inovasi produk untuk mendukung keberlanjutan usaha secara berkelanjutan.
Pengaplikasian Theory of Consumption Value Pada Niat Beralih Produk Ramah Lingkungan: Perspektif Identitas Diri Hijau Indraswari, Nurul Myristica
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol. 6 No. 3 (2024): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v6i3.390

Abstract

Identitas diri dan nilai-nilai konsumsi merupakan anteseden penting dari perilaku berkelanjutan konsumen. Dengan mengintegrasikan teori nilai konsumsi dan pendekatan identitas diri, penelitan ini mengeksplorasi hubungan antara nilai konsumsi (fungsional, kondisional, dan emosional), identitas diri hijau, dan niat pembelian produk ramah lingkungan. Data terkumpul sebanyak 242 responden yang berdomisili di Yogyakarta melalui survei kuesioner. Dengan menggunakan metode PLS-SEM, ditemukan hasil bahwa identitas diri hijau memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap nilai fungsional, kondisional, emosional, dan niat beli produk ramah lingkungan dan juga menemukan hasil bahwa nilai kondisional memediasi hubungan antara identitas diri hijau dan niat beli produk ramah lingkungan. Hasil penelitian menyiratkan bahwa intervensi yang menargetkan identitas diri hijau adalah cara yang menjanjikan untuk mempromosikan perilaku konsumsi berkelanjutan dengan penggunaan produk ramah lingkungan. Selain itu, temuan hasil juga memiliki implikasi penting bagi pengembangan pasar yang menjual produk ramah lingkungan berdasarkan identitas diri dan nilai konsumsi.
Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Usaha Mikro di Kecamatan Klojen, Kota Malang Maswain, Agus Salim; Setyabudi, Deni Nugroho; Rakhmadian, Miftah
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol. 6 No. 3 (2024): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v6i3.391

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan sumber daya manusia pada usaha mikro di Kecamatan Klojen, Kota Malang, yang masih belum berkembang secara maksimal. Permasalahan yang dihadapi adalah masih adanya wirausaha yang usahanya stagnan dan belum mencapai potensi optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan informan dari Dinas DP2KUKM dan pelaku usaha di wilayah tersebut. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan sumber daya manusia di sektor usaha mikro di Kecamatan Klojen dilakukan melalui pelatihan bagi wirausaha baru. Selain itu, pelaku usaha menunjukkan inisiatif untuk menciptakan inovasi baru dan mengembangkan usaha mereka secara mandiri. Penelitian ini juga mengidentifikasi hambatan dalam upaya pengembangan sumber daya manusia, yaitu kurangnya dukungan pemerintah daerah dalam hal penyediaan sarana dan prasarana yang memadai. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemerintah, usaha mikro, kecil dan menengah serta usaha kecil dan menengah dalam meningkatkan efektivitas pengembangan usaha mikro di Kecamatan Klojen.

Page 1 of 20 | Total Record : 193