Ecoducation
Vol. 5 No. 2 (2023): Economic and Education Journal (Ecoducation)

Pengaruh Sharia Marketing Mix, Celebrity Endorser dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian

Azizah, Saila (Unknown)
Mashudi (Unknown)
Asiyah, Binti Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2025

Abstract

Peningkatan pengguna internet merupakan salah satu pendorong perubahan perilaku konsumen dari belanja offline beralih belanja online, oleh karena itu menyebabkan persaingan antar perusahaan sehingga perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang mempermudah konsumen mengenal produk yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian (Y) yang terdiri dari Sharia Marketing Mix (X1), Celebrity Endorser (X2) dan Kepercayan Konsumen (X3) pada pengguna Shopee. Sampel yang digunakan sejumlah 85 responden dengan pengambilan teknik Insendental Sampling dan menggunakan analisis regresi berganda dengan hasil Y = 6.708 + 0.308 X¬1 + 0.405 X2 + 0.207 X3. Uji f dan uji t, diperoleh bahwa variabel Sharia Marketing Mix, Celebity Endorser, dan Kepercayaan Konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Serta nilai koefisien determinasi (R2) yang didapatkan sebesar 0.816, yang artinya 81.6% keputusan pembelian konsumen pada pengguna Shopee dipengaruhi ketiga variabel independen yaitu Sharia Marketing Mix, Celebity Endorser, dan Kepercayaan Konsumen. sedangkan sisanya 18.4 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ecoducation

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

The Scope of Economic and Education Journal (Ecoducation): Economic Education, Economics, Management, Accounting, ...