Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia pada materi sistem pernapasan manusia melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pra-tindakan, dengan hanya 12% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain siklus, yang terdiri dari pra-tindakan, siklus 1, dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa setelah penerapan PBL. Pada pra-tindakan, hanya 12% siswa yang tuntas, namun setelah siklus 1, persentase siswa tuntas meningkat menjadi 32%, dan pada siklus 2, seluruh siswa (100%) berhasil mencapai KKM dengan 36% di antaranya memperoleh nilai Sangat Baik. Penerapan PBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan hasil belajar secara keseluruhan. Penelitian ini menyarankan penerapan model PBL untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025