Spektra : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 7 No 2 (2025): Spektra : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial

STRATEGI DAKWAH KOLABORATIF DI PENDIDIKAN TINGGI: Studi Kasus Yayasan Pendidikan Tinggi As-Syafi'iyah (YAPTA)

Uyuni, Badrah (Unknown)
Kohari, Khalis (Unknown)
Maarif, Samsul (Unknown)
Madjid, Zamakhsyari Abdul (Unknown)
Mahfuz, Mahfuz (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pendekatan kolaboratif dalam dakwah dan pengabdian masyarakat yang diterapkan oleh Yayasan Pendidikan Tinggi As-Syafi’iyah (YAPTA). Dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi bentuk kolaborasi YAPTA dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, organisasi masyarakat, dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kolaboratif YAPTA mampu memperluas jangkauan dakwah serta meningkatkan efektivitas program pengabdian masyarakat, khususnya di lingkungan perkotaan dan kelompok masyarakat kurang mampu. Faktor pendukung utama keberhasilan kolaborasi ini adalah integrasi antara pendidikan formal dan nilai-nilai keislaman, keterlibatan aktif berbagai pemangku kepentingan, serta adanya inovasi program berbasis kebutuhan masyarakat. Namun, penelitian juga menemukan tantangan berupa keterbatasan sumber daya dan koordinasi antar lembaga. Penelitian ini merekomendasikan penguatan sinergi antarlembaga dan pengembangan model kolaborasi yang adaptif agar dampak dakwah dan pengabdian masyarakat dapat lebih optimal. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi institusi dakwah lain dalam mengimplementasikan strategi kolaboratif berbasis pemberdayaan masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

spektra

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

FOCUS. Spektra : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial is focused on publishing the original research articles, review articles from contributors, and the current issues related to Islamic Studies and Social Studies. The main objective of Spektra : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial is to provide a platform for the ...