Sistem pendidikan di Indonesia telah melalui beberapa perubahan kurikulum, dimulai dari kurikulum rencana pelajaran tahun 1947 hingga peluncuran kurikulum merdeka pada tahun 2022. Perubahan ini dimaksudkan untuk mengadaptasi pendidikan dengan kemajuan zaman dan kebutuhan siswa di era modern. Studi ini menerapkan metode tinjauan pustaka, yaitu menganalisis berbagai literatur dan penelitian terdahulu yang relevan dengan tantangan yang dialami guru dan siswa dalam menyesuaikan diri dengan perubahan kurikulum di Indonesia. Melalui metode ini, peneliti mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mensintesis sejumlah temuan yang berkaitan, serta menggambarkan tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam perubahan kurikulum yang terjadi secara dinamis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perubahan kurikulum yang sering dapat menyebabkan berbagai masalah bagi guru dan siswa. Kesulitan pada guru dapat terlihat dari pemahaman konsep yang belum sepenuhnya dipahami, keterbatasan pelatihan dan sosialisasi, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dampak psikologis terhadap guru, serta adanya kesenjangan antara kebijakan yang ditetapkan dan praktik di lapangan. Sedangkan para siswa dituntut untuk beradaptasi dengan materi baru, metode pembelajaran yang berbeda, serta sistem penilaian yang mungkin terasa asing bagi mereka.
Copyrights © 2025