Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implikasi implementasi Kurikulum Merdeka terhadap kreativitas siswa kelas 4 pada mata pelajaran Seni Budaya di SD Negeri 1 Benawa. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada sekolah, guru, dan siswa dalam merancang pembelajaran sesuai karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Dalam pembelajaran Seni Budaya, kurikulum ini menjadi sarana untuk menggali serta mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru kelas 4, dan siswa kelas 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif dalam mendorong kreativitas siswa, terlihat dari kebebasan dalam berekspresi, kemampuan menciptakan karya seni yang indah, serta keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Guru juga mulai menerapkan metode yang bervariasi, seperti pembelajaran berbasis proyek. Meskipun masih terdapat kendala, kurikulum ini terbukti memberikan ruang yang luas untuk pengembangan potensi kreatif siswa, khususnya dalam mata pelajaran Seni Budaya.
Copyrights © 2025