Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara self-regulated learning dan motivasi belajar mahasiswa statistika Universitas Negeri Medan. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pentingnya kedua aspek tersebut dalam menunjang keberhasilan akademik mahasiswa,khususnya pada bidang statistika yang membutuhkan ketekunan dan kemandirian belajar.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan dari sejumlah mahasiswa statistika Universitas Negeri Medan melalui kuesioner yang menggunakan skala Likert untuk mengukur tingkat self-regulated learning dan motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara self-regulated learning dan motivasi belajar mahasiswa statistika. Mahasiswa dengan tingkat self-regulated learning yang tinggi cenderung memiliki motivasi belajar yang lebih baik.Temuan ini mengindikasikan bahwa pengembangan strategi pembelajaran yang mendukung kemandirian dan pengaturan diri dapat secara efektif meningkatkan motivasi belajar mahasiswa statistika.
Copyrights © 2025