Model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dipilih oleh peneliti karena model ini memberikan waktu lebih banyak untuk siswa membaca, sehingga diharapkan model ini dapat membantu siswa dalam menulis teks cerpen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK YAPIN Kertasemaya yang berjumlah 44 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah dengan teknik sampel jenuh yang semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Data tes pembelajaran menulis teks cerpen yang dikumpulkan berupa tes awal dan tes akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, hasil uji penelitian dapat dilihat pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,023 < 0,05, selanjutnya diketahui nilai thitung sebesar 2.360 > ttabel 2.018, maka berdasarkan dasar pengambilan keputusan melalui perbandingan nilai t hitung dengan nilai t tabel, dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti Penerapam model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran cerpen efektif. Kedua, berdasarkan hasil pengamatan aktivitas pembelajaran yang menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) membawa perubahan yang berarti terhadap aktivitas pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2025