Journal of Development Education and Learning
Vol. 3 No. 2 (2025): May 2025

Peningkatan Pemahaman Nilai Persatuan dan Tanggung Jawab Melalui Role Playing Berbasis Experiential Learning dan Differentiated Instruction Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas III MIN 1 Kota Padang

Marlina, Leni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan pemahaman nilai persatuan, tanggung jawab, serta keterlibatan belajar siswa kelas III MIN 1 Kota Padang melalui penerapan role playing berbasis experiential learning dan differentiated instruction. Dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis & McTaggart, penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 35,7% pra tindakan menjadi 92,9% pada siklus II, dengan rata-rata nilai naik dari 62 menjadi 84 dan skor keterlibatan dari 68% menjadi 88%. Temuan ini membuktikan bahwa perpaduan role playing, experiential learning, dan diferensiasi pembelajaran efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep sekaligus membentuk karakter gotong royong, disiplin, dan tanggung jawab siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jodel

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Development Education and Learning and Learning (Jodel) is an electronic journal which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, ...