Problem solving atau pemecahan masalah adalah cara berpikir tingkat tinggi yang bisa dikembangkan melalui pembelajaran di sekolah dasar. Di tingkat sekolah dasar kemampuan pemecahan masalah sangat penting di dikuasai oleh siswa. Berbagai aspek perlu di perhatikan oleh guru di dalam pembelajaran di antaranya : perencanaan, proses pembelajaran, penilaian, serta pemilihan media pembelajaran pemecahan masalah sehingga siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan baik. Metode pemecahan masalah dapat dijadikan sebagai salah satu cara pembaharuan dalam pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sehingga akan dirasakan lebih bermakna. Penerapan metode problem solving dalam pembelajaran bisa meningkatkan minat belajar dan kemandirian siswa. Proses pembelajaran bisa menyenangkan dan juga mampu meningkatkan peran keaktifan serta hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa strategi pemecahan masalah dapat memperbaiki kondisi kelas secara pedagogik dan hasil belajar. Dalam hal ini, peneliti ingin melakukan penerapan strategi pemecahan masalah dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk meningkatkan kemandirian siswa
Copyrights © 2025