Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi e-learning dalam pengembangan karyawan. Pendekatan penelitian ini mengumpulkan data melalui studi literatur, yang melibatkan pembacaan literatur dari berbagai sumber termasuk buku, laporan, artikel, dan jurnal dengan menggunakan pendakatan kualitatif dan deduktif. Hasil penelitian ini adalah keberhasilan penerapan e-learning dalam pengembangan karyawan ditentukan oleh perencanaan yang matang melalui analisis kebutuhan, pemilihan platform yang tepat, penyusunan konten interaktif, pelatihan teknis, serta monitoring dan evaluasi berkelanjutan. Meskipun menawarkan berbagai keuntungan seperti fleksibilitas, kemandirian belajar, kontinuitas pembelajaran, hingga jangkauan yang luas. Namun e-learning juga menghadapi sejumlah tantangan berupa resistensi karyawan, keterbatasan infrastruktur, kualitas konten, dan lemahnya monitoring. Untuk mengatasi tantangan tersebut, perusahaan perlu melakukan upaya strategis termasuk peningkatan literasi digital, investasi infrastruktur teknologi, perancangan konten yang interaktif, serta pemberian reward untuk mendorong motivasi karyawan. Dengan pendekatan tersebut, e-learning dapat berfungsi optimal dalam mendukung peningkatan kompetensi karyawan sekaligus memperkuat daya saing perusahaan di era digital.
Copyrights © 2025