Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA)
Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA)

Analisis Kepuasan Pasien di Poli Diabetic Center Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung

Rafidatunnisa, Devi (Unknown)
Wibowo, Indrajati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pasien terhadap pelayanan di Klinik Pusat Diabetes RS Muhammadiyah Bandung. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien dipengaruhi oleh tujuh indikator utama: sikap dan empati staf medis, kecepatan layanan, komunikasi, fasilitas, pemahaman pasien, partisipasi dalam pengambilan keputusan, dan koordinasi antar tim medis dan administrasi. Studi ini menyimpulkan bahwa meskipun layanan umumnya memuaskan, diperlukan perbaikan dalam hal kecepatan layanan dan penggunaan teknologi informasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMW

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Fokus Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA) mencakup secara rinci berbagai macam topik penelitian empiris dalam bidang ekonomi manajemen. Jurnal ini menyediakan forum untuk pertukaran ilmiah untuk akademisi, praktisi, dan peneliti independen dengan menerbitkan penelitian empiris yang berkualitas. Skope ...