Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan proyek penguatan profil siswa Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan. Dan ingin mengetahui dampak proyek tersebut terhadap penguatan profil siswa Pancasila dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan siswa pada tahap E di SMA Adabiyah Palembang. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan naratif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer yaitu hasil wawancara dan observasi mengenai pelaksanaan proyek penguatan profil siswa Pancasila pada tema gaya hidup berkelanjutan dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan siswa pada tahap E di SMA Adabiyah Palembang kelas X1 dan data sekunder sebagai data pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan proyek penguatan profil siswa Pancasila pada tema gaya hidup berkelanjutan bahwa pelaksanaannya telah dirancang sebaik mungkin dengan tahapan-tahapan seperti guru melakukan tahap perencanaan terlebih dahulu, dengan melakukan pelatihan. Adapun pada awal proses pelaksanaan, guru perlu beradaptasi karena program kurikulum baru, kurikulum mandiri masih dalam tahap sosialisasi, guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran harus menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik siswa. Selanjutnya, bahwa proyek penguatan profil siswa Pancasila memberikan dampak positif bagi siswa seperti meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya lingkungan dan mengembangkan kreativitas siswa. Meskipun pada awal pelaksanaannya siswa masih perlu beradaptasi karena mereka belum sepenuhnya memahami proyek tersebut.
Copyrights © 2025