Urgensi dari penelitian ini adalah kebutuhan akan inovasi media pembelajaran Sejarah yang mampu menjawab tantangan era digital serta meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik. Di SMKS Kristen Pelangi Makale, media pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada buku teks dan catatan guru sehingga kurang mendukung terciptanya suasana belajar yang interaktif dan menarik. Kondisi tersebut mendorong perlunya pengembangan bahan ajar digital yang mudah diakses, sesuai karakteristik peserta didik SMK, serta mampu menumbuhkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan, desain, serta tingkat validitas dan kepraktisan bahan ajar handout digital yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Richey dan Klein yang terdiri dari tiga tahap utama, yaitu perencanaan, produksi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar handout digital berbasis Flip PDF Professional dinyatakan sangat valid dan praktis. Validasi dari ahli materi memperoleh skor 88,24% (sangat valid) dan ahli media memperoleh skor 94,44% (sangat valid). Selain itu, uji kepraktisan juga memperoleh hasil yang sangat baik, yaitu 90,59% dari guru dan 87,16% dari peserta didik. Dengan demikian, handout digital yang dikembangkan tidak hanya memenuhi standar kelayakan dari aspek isi maupun media, tetapi juga dinilai praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan media digital berbasis Flip PDF Professional dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Sejarah di SMKS Kristen Pelangi Makale.
Copyrights © 2025