JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua
Vol 9 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Untuk Semua, April 2025

Tinjauan Manajemen Pendidikan, Pelaksanaan Aspek Pembelajaran dan Kerjasama pada Koperasi Pesantren

Aep Tata Suryana (Unknown)
Rifki Rifaldi (Unknown)
Rizqi Fauzi (Unknown)
Indri Ajeng Setyoningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2025

Abstract

Pondok pesantren di Indonesia memiliki peran penting dalam mendidik siswa, tidak hanya di bidang agama, tetapi juga dalam mengembangkan keterampilan praktis dan relevan dengan kebutuhan zaman. Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana koperasi dapat diimplementasikan dalam pendidikan di pondok pesantren dan dampaknya terhadap keterampilan dan karakter siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang mengkaji berbagai hal literatur dan studi kasus mengenai koperasi di pondok pesantren. Oleh karena itu, makalah Ini merekomendasikan agar pesantren meningkatkan kolaborasi dengan koperasi dan mengembangkan kurikulum yang lebih relevan untuk membantu siswa menjadi lebih siap menghadapi dunia kerja dan kehidupan di masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua acommodate ideas, concept, and results of the research about Non Formal Education to be pulished, such as : 1. NFE programme : equality, citizen vocation, empowerment, elucidation, literacy, and social tuition. 2. NFE unit : Community Learning Center, courses, ...