EkoBis ( Ekonomi & Bisnis )
Vol 26, No 2 (2025): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

DIGITAL LITERACY, ISLAMIC VALUE CO-CREATION AND INNOVATION CAPABILITY: IN IMPROVING THE SUSTAINABILITY OF MSME’S PERFORMANCE IN THE DIGITAL ERA

Ferdianto, Raditya (Unknown)
Nurcahyo, Satria Avianda (Unknown)
Damayanti, Adelia Ika (Unknown)
Pratondo, Katon (Unknown)
Kusumawati, Diah Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh literasi digital, penciptaan bersama nilai-nilai Islam (Islamic Value Co-Creation), kapabilitas inovasi, dan keberlanjutan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Grobogan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), penelitian ini melibatkan 95 responden dari total populasi 125 pelaku UMKM yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh positif signifikan terhadap keberlanjutan kinerja UMKM, namun tidak signifikan terhadap kapabilitas inovasi. Sebaliknya, Islamic Value Co-Creation berpengaruh positif signifikan terhadap kapabilitas inovasi dan keberlanjutan kinerja UMKM. Kapabilitas inovasi juga terbukti memediasi secara signifikan hubungan antara Islamic Value Co-Creation dan keberlanjutan kinerja UMKM. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pelaku UMKM dan pembuat kebijakan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam proses bisnis serta meningkatkan literasi digital guna mendorong inovasi berkelanjutan. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan holistik berbasis nilai religius dalam pengelolaan UMKM guna menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan di tengah dinamika ekonomi yang terus berubah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ekobis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EKOBIS) is published by the Department of Management, Faculty of Economics, Sultan Agung Islamic University (Unissula) on a regular basis (every six months). The purpose of this journal is to publish the results of research in the field of management which includes: - ...