Jurnal Perjuangan dan Pengabdian Masyarkat: JPPM
Vol. 1 No. 3 (2025): 30 September 2025

Optimizing MSMEs Digital Management and Marketing Through the KKU Service Program at O.N. Catering, Sidowayah Village Kabupaten Rembang

Syafi’, Sherly Nanda (Unknown)
Werdhiana, Soraya Triska (Unknown)
Pratama, Elky Arkadia (Unknown)
Lukiarti, Ming Ming (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Program Kuliah Kerja Usaha (KKU) Universitas YPPI Rembang merupakan wujud implementasi tridarma perguruan tinggi melalui pengabdian kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM. Kegiatan ini dilaksanakan oleh sekelompok mahasiswa di UMKM O.N. Catering, Rembang, yang bergerak di bidang jasa boga. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan profesionalisme pengelolaan usaha UMKM melalui pendampingan, pelatihan, serta penerapan strategi digitalisasi. Metode yang digunakan meliputi analisis SWOT, rancang bangun, penyuluhan, dan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan dalam aspek manajerial dan pemasaran UMKM melalui pembuatan buku administrasi, price list, banner promosi, Google Form pemesanan online, dan pendaftaran lokasi usaha di Google Maps. Program ini memberikan dampak positif terhadap visibilitas digital dan struktur pengelolaan UMKM yang lebih modern dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

perjuanganpengabdian

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Perjuangan dan Pengabdian Masyarakat: JPPM merupakan wadah publikasi ilmiah yang berfokus pada hasil penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat yang berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat. Jurnal ini mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk, tetapi tidak terbatas ...