Abstrak Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan akuntansi siswa SMA/SMK sederajat melalui pelatihan dan kompetisi yang terstruktur. Penelitian ini melibatkan 50 peserta awal dari berbagai sekolah menengah, yang kemudian melalui seleksi ketat untuk menghasilkan 5 finalis. Metode pelatihan yang menggabungkan teori dengan praktik, serta elemen kompetitif, dirancang untuk memotivasi peserta dalam menguasai konsep-konsep akuntansi. Hasil program menunjukkan adanya peningkatan signifikan dan konsisten pada skor rata-rata peserta dari tahap awal hingga akhir kompetisi, menandakan bahwa pendekatan ini efektif dalam membangun kapasitas akademik dan aplikatif siswa. Finalis menunjukkan kemampuan unggul dalam menganalisis dan menyelesaikan studi kasus akuntansi yang kompleks. Kesimpulan dari program ini menekankan bahwa model pelatihan dan kompetisi, yang memadukan pembelajaran intensif dengan tantangan kompetitif, sangat berpotensi untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya menguasai teori, tetapi juga cakap dalam aplikasi praktis akuntansi, mempersiapkan mereka untuk tuntutan pendidikan lanjutan dan dunia kerja.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025