Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif. terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V SDN 027 Samarinda Ulu. Pembelajaran kooperatif mempunyai manfaat atau keuntungan yang lebih besar dalam memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih mengembangkan kemampuan mereka. Fokus penelitian juga termasuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 027 Samarinda Ulu. Teknik pengumpulan data meliputi observasi kegiatan belajar mengajar, wawancara dengan guru kelas dan siswa, dan dokumentasi pendukung lainnya. Instrumen penelitian terdiri dari wawancara pedoman, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi. Analisis data Teknik-teknik tersebut meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan partisipasi siswa, memperkuat pemahaman konseptual, dan mendorong kerjasama keterampilan. Tantangan yang dihadapi meliputi perbedaan partisipasi siswa dan keterbatasan waktu diskusi. Namun, guru mampu mengatasi kendala ini melalui peran aktif sebagai fasilitator pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif; IPA dan IPS (IPAS); Konseptual Pemahaman; Teka-teki; Siswa
Copyrights © 2025