Sistema: Jurnal Pendidikan
Vol. 6 No. 1 (2025): SISTEMA: Jurnal Pendidikan

Implementasi Kooperatif Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V di SDN 027 Samarinda Ulu

putri sabela (Unknown)
Adianto, Samsul (Unknown)
Kurniawanto, Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif. terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V SDN 027 Samarinda Ulu. Pembelajaran kooperatif mempunyai manfaat atau keuntungan yang lebih besar dalam memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih mengembangkan kemampuan mereka. Fokus penelitian juga termasuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 027 Samarinda Ulu. Teknik pengumpulan data meliputi observasi kegiatan belajar mengajar, wawancara dengan guru kelas dan siswa, dan dokumentasi pendukung lainnya. Instrumen penelitian terdiri dari wawancara pedoman, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi. Analisis data Teknik-teknik tersebut meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan partisipasi siswa, memperkuat pemahaman konseptual, dan mendorong kerjasama keterampilan. Tantangan yang dihadapi meliputi perbedaan partisipasi siswa dan keterbatasan waktu diskusi. Namun, guru mampu mengatasi kendala ini melalui peran aktif sebagai fasilitator pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif; IPA dan IPS (IPAS); Konseptual Pemahaman; Teka-teki; Siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sjp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

SISTEMA: Jurnal Pendidikan published by Teacher Training and Education Faculty, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. The research article submitted to this online journal will be double blind peer-reviewed (Both reviewer and author remain anonymous to each other) at least 2 (two) reviewers. The ...