RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 11, No 2 (2025)

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MODERASI OLEH KEMAMPUAN METAKOGNITIF

Dewi, Mutiara Rahma (Universitas Jambi)
Kurniawati, Susanti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nofriansyah, Nofriansyah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji penerapan model PBL dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan mempertimbangkan metakognisi sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menganalisis data dengan metode kuantitatif dan pendekatan kuasi eksperimen dengan pre-test dan post-test. Sampel studi ini adalah siswa kelas X jurusan Ekonomi di SMA Edu Global School yang terbagi dalam kelompok eksperimen 28 siswa dan kelompok kontrol 25 siswa. Pengumpulan data melalui tes esai terbuka untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan penyebaran kuesioner untuk metakognisi. Temuan studi menunjukkan bahwa model PBL mampu untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Namun kemampuan metakognisi siswa tidak cukup untuk menjadi variabel moderator yang menguatkan pengaruh dalam menguji efek PBL terhadap kemampuan berpikir kritis. Studi ini berkontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran aktif dalam pembelajaran Ekonomi dan sebagai alternatif bagi guru dalam pembelajaran yang mementingkan keaktifan dengan analisis tingkat tinggi terhadap permasalahan yang kompleks.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...