RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 11, No 2 (2025)

TREN PEMETAAN RISET ENTREPRENEURSHIP EDUCATION DAN EDUCATION COMPUTING DI UNIVERSITAS: SEBUAH ANALISIS BIBLIOMETRIK

Triansyah, Fadli Agus (Unknown)
Lubis, Nela Permata Sari (Universitas Negeri Medan)
Ritonga, Marito (Universitas Negeri Medan)
Thania, Andi Cici (Universitas Negeri Medan)
Irwandi, Hafiz (Universitas Negeri Medan)
Nofriansyah, Nofriansyah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan memetakan tren penelitian Entrepreneurship Education dan education computing di universPenelitian ini bertujuan memetakan tren riset Entrepreneurship Education dan education computing di universitas melalui analisis bibliometrik. Data diperoleh dari basis data Scopus dengan kata kunci “Entrepreneurship Education” AND “Education computing” AND University pada 2 September 2025. Dari 220 dokumen yang ditemukan, sebanyak 219 dokumen berbahasa Inggris dianalisis lebih lanjut menggunakan Publish or Perish, Microsoft Excel, dan VOSviewer. Hasil penelitian menunjukkan tren publikasi meningkat signifikan sejak 2020, seiring percepatan transformasi digital di masa pandemi. Sumber publikasi didominasi prosiding internasional dan jurnal multidisipliner, dengan kontribusi terbesar berasal dari Tiongkok (135 dokumen), disusul Amerika Serikat (19 dokumen). Artikel paling berpengaruh membahas kompetensi digital pendidik, model pembelajaran berbasis pengalaman, serious games, dan faktor institusional kewirausahaan. Visualisasi kata kunci mengungkap empat klaster utama: (1) niat dan efikasi kewirausahaan, (2) pembelajaran teknik dan pengalaman, (3) kecerdasan buatan dan big data, serta (4) evaluasi komputasional. Overlay visualization menunjukkan kebaruan riset pada tema keberlanjutan, model bisnis, dan kemampuan inovasi. Penelitian ini berkontribusi memperkaya literatur interdisipliner dan memberi rujukan strategis bagi universitas dalam merancang kurikulum adaptif berbasis teknologi untuk memperkuat peran sebagai penggerak inovasi dan kewirausahaan digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...