Penelitian ini bertujuan memetakan tren penelitian Entrepreneurship Education dan education computing di universPenelitian ini bertujuan memetakan tren riset Entrepreneurship Education dan education computing di universitas melalui analisis bibliometrik. Data diperoleh dari basis data Scopus dengan kata kunci “Entrepreneurship Education” AND “Education computing” AND University pada 2 September 2025. Dari 220 dokumen yang ditemukan, sebanyak 219 dokumen berbahasa Inggris dianalisis lebih lanjut menggunakan Publish or Perish, Microsoft Excel, dan VOSviewer. Hasil penelitian menunjukkan tren publikasi meningkat signifikan sejak 2020, seiring percepatan transformasi digital di masa pandemi. Sumber publikasi didominasi prosiding internasional dan jurnal multidisipliner, dengan kontribusi terbesar berasal dari Tiongkok (135 dokumen), disusul Amerika Serikat (19 dokumen). Artikel paling berpengaruh membahas kompetensi digital pendidik, model pembelajaran berbasis pengalaman, serious games, dan faktor institusional kewirausahaan. Visualisasi kata kunci mengungkap empat klaster utama: (1) niat dan efikasi kewirausahaan, (2) pembelajaran teknik dan pengalaman, (3) kecerdasan buatan dan big data, serta (4) evaluasi komputasional. Overlay visualization menunjukkan kebaruan riset pada tema keberlanjutan, model bisnis, dan kemampuan inovasi. Penelitian ini berkontribusi memperkaya literatur interdisipliner dan memberi rujukan strategis bagi universitas dalam merancang kurikulum adaptif berbasis teknologi untuk memperkuat peran sebagai penggerak inovasi dan kewirausahaan digital.
Copyrights © 2025