Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter agama dilaksanakan melalui kegiatan yang terjadi di dalam dan di luar kelas di MIN 1 Alor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, khususnya metode studi kasus. Pihak yang terlibat dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas 4, 5, dan 6, siswa dari kelas-kelas tersebut, serta orang tua siswa. Metode yang digunakan meliputi pengamatan, wawancara, dan tinjauan dokumen. Pada tahap ini, para peneliti mengumpulkan informasi untuk penelitian mereka. Mereka mengumpulkan data primer dengan mengamati langsung situasi, perasaan, dan pengalaman nyata yang terjadi di sekolah-sekolah MIN 01 Alor. Wawancara mendalam dilkakukan dengan mewawancarai informan Dengan menggunakan pertanyaan terbuka, orang dapat mendapatkan tanggapan yang lebih rinci. Pada saat yang sama, data sekunder dikumpulkan dari dokumen, arsip, dan sumber-sumber terkait lainnya. yang berada di lingkungan sekolah MIN 01 Alor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan pendidikan Karakter Religius melalui Habituasi Kegiatan Intrakurikuler dan Esktrakurikuler dapat berjalan dengan baik, lancer dan membuahkan hasil apabila semua komponen baik itu Kepala Sekolah, guru dan orang tua atau semua Stakeholdert terkait dapat bekerja sama, saling berkoordinasi dengan baik.
Copyrights © 2025