RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 11, No 2 (2025)

STRATEGI DAN PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENGUATAN AJARAN TAMANSISWA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN BUDAYA LOKAL DI SEKOLAH DASAR

Suhardiman, Azman (Unknown)
Surya, Priadi (Universitas Negeri Yogyakarta)
Muslih, Moh. (Universitas Negeri Yogyakarta)
Koono, Rookaiya (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) implementasi ajaran Tamansiswa dalam pengelolaan pendidikan karakter berbasis kearifan budaya lokal, (2) peran kepala sekolah dalam penguatan ajaran Tamansiswa melalui pendidikan karakter, dan (3) strategi kepala sekolah serta dampaknya dalam membentuk karakter berbasis kearifan lokal. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Teknik analisis data mengikuti model Miles dan Huberman, meliputi pengumpulan, kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ajaran Tamansiswa dilakukan melalui budaya sekolah, pembelajaran, dan pembiasaan yang mencerminkan nilai-nilai Ki Hadjar Dewantara. Faktor pendukungnya meliputi mata pelajaran ketamansiswaan, visi-misi sekolah berbasis budaya lokal, serta kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat. Tantangan utamanya adalah dampak negatif teknologi. Kepala sekolah berperan sebagai pemimpin berbasis filosofi among, pengarah, dan evaluator. Strateginya mencakup visi-misi adaptif, kepemimpinan integratif dalam menghadapi tantangan modern, serta kreativitas dalam mengontekstualisasikan ajaran Tamansiswa dengan teknologi pembelajaran. Strategi ini berdampak pada terbentuknya karakter kuat, keterlibatan emosional, dan peran siswa sebagai agen perubahan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...