Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Vol 7, No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID TIK KELAS X DI SMA NEGERI 6 GORONTALO UTARA

Mulyanto, Arip (Unknown)
Pakaja, Jemmy A. (Unknown)
Dwinanto, Arif (Unknown)
Hemila, Hemila (Unknown)
Daud, Ismail (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar pada materi Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK). Game edukasi berisi konten berupa materi TIK, tantangan permainan, dan quiz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (ADDIE) Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil pengujian kelayakan ahli media menunjukan presentase kelayakan sebesar 94,17% dengan kategori “sangat layak”, dan ahli materi dengan presentase kelayakan sebesar 91,4% dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji kepraktisan menunjukan presentase sebesar 95,7% dengan kategori “sangat praktis”. Adapun uji efektifitas yang dilaksanakan oleh 29 siswa kelas X-4 memperoleh nilai rata-rata pre test 61,72 dengan kriteria “cukup”, dan nilai rata-rata post test sebesar 85,5 dengan kriteria “sangat baik”Kata kunci: Game Edukasi, Android, ADDIE, TIK     

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPVTI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional (JPTIV), or in English: Journal of Education of Information Technology and Vocational, is a scientific publication media for researchers, lecturers, teachers, educational practitioners, and students, related to the issues around information ...