Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menggabungkan penghargaan dan hukuman ke dalam model pembelajaran jigsaw memengaruhi motivasi untuk belajar sains. Menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan penguatan dan strategi berbasis penguatan akan memotivasi siswa untuk belajar sains dalam konteks Mengenal Peta dan Rencana untuk Pendidikan Dasar Kelas IV, menurut hipotesis penelitian. Karena kurangnya kontrol yang sebanding (tes pra dan pasca), metode yang digunakan adalah desain kuasi-eksperimental. Enam puluh siswa kelas empat menjadi sampel untuk penelitian ini. Alat yang digunakan adalah kuesioner motivasi belajar 25 pertanyaan yang merinci fitur dan kemampuan alat tersebut. Uji-t digunakan untuk analisis data. Dengan tingkat signifikansi 5% dari 0,05 dan nilai tanda signifikan (2-tailed) sebesar 0,007, hasil uji-t menunjukkan bahwa ada dampak yang signifikan terhadap keinginan siswa untuk belajar sains. Jika terdapat 1.672 individu (N = 60) dalam tabel dan nilai t diprediksi sebesar 7,750.
Copyrights © 2025