JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Penggunaan Alat Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Bilangan Penjumlahan dan Pengurangan pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar

Hesti Gustiah (Unknown)
Muhlis, Muhlis (Unknown)
Andi Asrafiani Arafah (Unknown)
Taufik Hidayat (Unknown)
Muhammad Sultan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas dua di SDN 004 Samarinda Ulu pada mata pelajaran penjumlahan dan pengurangan operasi hitung menjadi pendorong penelitian ini. Teknik pengajaran tradisional yang kurang menggunakan media yang selaras pada karakteristik anak menyebabkan siswa kesulitan memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan permainan tradisional congklak sebagai alat bantu mengajar bisa membuat meningkat hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan melalui dua siklus. Tiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian yakni 27 peserta didik kelas II-A SDN 004 Samarinda Ulu. Instrument yang dipakai pada penelitian ini adalah lembar observasi guru dan peserta didik, lembar tes hasil belajar peserta didik dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya penggunaan permainan tradisional congklak mampu membuat hasil belajar peserta didik meningkat. Pada pra siklus, hanya 18,52% peserta didik yang memperoleh ketuntasan belajar. Setelah tindakan dilakukan, terjadi peningkatan yang signifikan dalam setiap siklus. Siklus I menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar menjadi 48,15%, serta mengalami peningkatan kembali menjadi 88,89% dalam siklus II. Permainan congklak mampu menyebabkan proses belajar lebih menggembirakan, meningkatkan partisipasi aktif peserta didik, serta membantu mereka paham akan konsep penjumlahan dan pengurangan secara konkret. Dengan demikian, penggunaan alat permainan tradisional congklak terbukti efektif untuk membuat hasil belajar matematika peserta didik kelas II meningkat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...