JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bumiku Tersayang Kelas V SDN 015 Samarinda Ulu

Mega Puspita (Unknown)
Sukriadi, Sukriadi (Unknown)
Taufik Hidayat (Unknown)
Iksam, Iksam (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini beranjak dari permasalahan rendahnya capaian belajar yang teridentifikasi pada peserta didik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V SDN 015 Samarinda Ulu pada tahun ajaran 2024/2025. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi “Bumiku Tersayang.” Penelitian ini menerapkan metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen tipe nonequivalent control group. Penelitian ini melibatkan dua kelompok belajar sebagai subjek, yaitu satu kelas yang ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelompok kontrol, di mana masing-masing kelas beranggotakan 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes (pretest dan posttest), serta dokumentasi, dengan instrumen berupa soal pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji T-Test sampel independen untuk menguji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar 0,001. Nilai ini berada di bawah ambang batas 0,05, yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL ini memberikan dampak positif yang sangat signifikan pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Terbukti bahwa model ini memiliki kapabilitas untuk meningkatkan tingkat penguasaan materi oleh peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...