Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi dan diperoleh keterampilan komunikasi dan hasil belajar IPA siswa di SDN Banjarsengon 02 masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan media pembelajaran multimedia yang sesuai dengan kebutuhan siswa era digital. Peneliti dalam hal ini mengembangkan e-worksheet berbasis multirepresentasi dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini betrujuan sebagai pengembangkan e-worksheet berbasis multirepresentasi dalam pembelajaran IPA yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah R&D menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian adalah 66 siswa kelas VI di Banjarsengon 02 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan oleh dua orang dosen ahli, dan satu orang kepala sekolah yang memiliki kulifikasi Pendidikan S2 untuk melakukan validasi instrument sebelum uji lapangan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data pendahuluan, data observasi dan wawancara pada penelitian pendahuluan dianalisa dengan analisis data kevalidan e-worksheet, analisis data kepraktisan e-worksheet, analisis data keefektifan. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan kevalidan silabus, RPP, e-worksheet, bahan ajar, Hasil tes hasil belajar masuk ke dalam kategori sangat valid dengan nilai median 4. Kepraktisan e-worksheet berbasis multirepresentasi berdasarkan hasil penilaian tiga observer pada dua kelas menyatakan bahwa e-worksheet yang dikembangkan sangat praktis dengan berada pada 98,82%. Keefektifan e-worksheet berbasis multirepresentasi berdasarkan hasil N-Gain yang diperoleh dari pre-test dan post-test diperoleh kategori tinggi, sehingga dapat dinyatakan bahwa e-worksheet berbasis multirepresentasi dinyatakan efektif digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025