Pendidikan Agama Islam memegang peran penting dalam membentuk karakter dan moral siswa. Dalam era moderen Pendidikan Agama Islam semakin kompleks karena siswa cenderung mengalami penurunan motivasi belajar yang disebabkan oleh penggunaan motode konvensional yang mengakibatkan pembelajaran kurang menarik. Dengan adanya Penggunaan metode pembelajaran aktif seperti diskusi kelompok, pembelajaran berbasis proyek dan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivas belajar siswa dibandingkan siswa yang hanya menerima materi secara pasif saja. Adapun kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa guru PAI MAN 2 Indramayu telah menerapkan berbagai metode pembelajaran aktif seperti diskusi kelompok, pembelajaran berbasis masalah, dan metode demonstrasi. Metode ini berhasil meningkatkan pastisipasi siswa, keterlibatan siswa serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan, seperti keterbatasan waktu dan fasilitas yang kurang memadai. Pembelajaran aktif memiliki pengaruh yang positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa serta mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan.
Copyrights © 2025