Journal Islamic Pedagogia
Vol. 5 No. 2 (2025): Journal Islamic Pedagogia

Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer dalam Memotivasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di Kelas V SDN 2 Krasak Indramayu

Elsavina Rohmah (Unknown)
Didik Himmawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Giving Question and Getting Answer (GQGA) dan dampaknya terhadap motivasi serta hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas V SDN 2 Krasak, Indramayu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode GQGA secara signifikan meningkatkan partisipasi aktif siswa, memperbaiki interaksi kelas, dan mendorong pemahaman konseptual terhadap materi pelajaran. Nilai evaluasi PAI mengalami peningkatan signifikan, yang menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Faktor pendukung keberhasilan metode ini antara lain antusiasme peserta didik, lingkungan belajar yang kondusif, serta kemampuan guru dalam merancang pertanyaan. Namun, keterbatasan juga ditemukan, terutama pada peserta didik dengan karakteristik pasif yang memerlukan strategi pendampingan tambahan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Journal Islamic Pedagogia is published by the Faculty of Islamic Studies of Wiralodra University Indonesia Focus of Journal Islamic Pedagogia discusses on Islamic education, results of scientific studies for academics and practitioners in the field of lecture theory explanation and practice, ...