Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 3 (2025): Agustus 2025

Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Papadut untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V SDN Pagendisan

Juwarni, Siti Nur Elisa (Unknown)
Riswari, Lovika Ardana (Unknown)
Amaliyah, Fitriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan numerasi dapat dilihat dari nilai AKM kelas numerasi siswa SDN Pagendisan yang rendah. Hal tersebut karena pembelajaran yang membosankan jarang menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan numerasi siswa menggunakan model Student Teams Achievement Division berbantuan media PAPADUT. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Pagendisan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yang terdapat 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SDN Pagendisan yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi,. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Siklus I mendapatkan mendapatkan ketuntasan klasikal 57%. Dengan kriteria “Cukup” kemudian mengalami peningkatan pada siklus II mendapatkan ketuntasan klasikal 81% dengan kriteria “Sangat Baik”. Dengan dimikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan numerasi melalui penerapan model Student Teams Achievement Division berbantun media PAPADUT pada kelas V SDN Pagendisan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...