Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol. 5 No. 3 (2025): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

Implementasi Metode Adam-Bashforth-Moulton Pada Aproksimasi Pemakaian Listrik Penerangan Jalan Umum Di Kota Langsa

Ndiva, Shahnaz Tanzilla (Unknown)
Saumi, Fazrina (Unknown)
Amelia, Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Energi listrik merupakan sumber energi yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat, kebutuhan listrik terus meningkat seiring pertumbuhan penduduk, investasi, dan teknologi, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil aproksimasi pemakaian listrik penerangan jalan umum menggunakan metode Adam Bashforth Moulton tahun 2025 dan membantu pihak PT. PLN (Persero) UP3 Kota Langsa untuk mengoptimalkan sumber energi listrik. Pemakaian listrik penerangan jalan umum di Kota Langsa selama periode 2019-2024 mengalami fluktuasi. Metode Adam Bashfoth Moulton merupakan metode yang valid dalam aproksimasi. Dengan menerapkan teknik Runge Kutta orde keempat, persamaan prediksi Adam Bashfoth orde keempat, dan koreksi persamaan Adam Moulton orde keempat. Hasil aproksimasi implementasi metode Adam Bashforth Moulton pada pemakaian listrik penerangan jalan umum di Kota Langsa mengalami tren peningkatan. Dengan hasil aproksimasi pada bulan Januari 2025 hingga bulan Desember 2025 sebesar 9.501,701 kwh; 9.520,302 kwh; 9.538,243 kwh; 9.555,544 kwh; 9.572,226 kwh; 9.588,308 kwh; 9.603,811 kwh; 9.618,754 kwh; 9.633,154 kwh; 9.647,031 kwh; 9.660,401; 9.673,282 kwh, dengan rata-rata persentase 0,16% dan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 0,75%, yang menunjukkan akurasi yang sangat baik. Hasil ini menjadi panduan pihak PT. PLN (Persero) UP3 di Kota Langsa untuk mengoptimalkan sumber energi listrik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...