Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 7 No 2 (2025): September

PENGARUH PEMBELAJARAN PROYEK PADA SUB TEMA SAYURAN TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI

Nurpatimah, Aam (Unknown)
Loita, Aini (Unknown)
Gandana, Gilar (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman sikap tanggung jawab sebagai fondasi karakter Anak Usia Dini, yang faktanya masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran proyek pada sub-tema sayuran terhadap peningkatan sikap tanggung jawab anak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode quasi experiment dan desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari 20 anak kelompok B di TK Kartini Bina Putera, yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran proyek menanam kangkung, sementara kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis menggunakan uji nonparametrik Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen. Rata-rata skor pretest sebesar 23,6 meningkat pesat menjadi 28,2 pada posttest. Sementara itu, kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan kecil dari 24,5 menjadi 25,9. Uji statistik menunjukkan nilai signifikansi 0,003, membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran proyek pada tema sayuran memiliki pengaruh yang signifikan dan efektif dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab pada Anak Usia Dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pelangi

Publisher

Subject

Education

Description

Pelangi: Journal of Islamic Early Childhood Education Thought and Research is a scientific journal published by the Early Childhood Islamic Education Program, Universitas Muhammadiyah Bima. This journal publishes scholarly articles based on conceptual thinking and empirical research in the field of ...