Penelitian ini bertujuan untuk memberi inovasi dan memahami pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan metode belajar Joyfull Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Sengon II Purwosari. Metode belajar Joyfull Learning ini memiliki peran penting dalam meningkatkan minat belajar siswa, dan juga memotivasi siswa melalui metode belajar yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan penyajian data penelitian, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Dalam model pembelajaran Joyfull Learning ini banyak sekali yang bisa dilakukan oleh guru kepada siswa agar proses belajar materi PAI tidak terkesan membosankan karena banyak yang mengira pembelajaran PAI monoton, tidak asyik. Maka dari itu guru sebagai tenaga pendidik berupaya menginovasi pola ajar agar tercipta kondisi kelas yang menyenangkan. Agar siswa dapat secara cepat menangkap materi dan tidak dalam perasaan yang tertekan. Namun dalam pelaksanaan Joyfull Learning ini sendiri guru juga harus bisa menguasai kelas agar bisa membawa suasana kelas menjadi hidup dan tidak terksesan mati dikarenakan praktik pembelajaran yang salah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025