Pembelajaran dengan media game education pada generasi alpha dapat memberikan dampak positif dan manfaat yang luar biasa dalam proses pembelajaran, serta dapat merangsang minat belajar dan meningkatkan motivasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab kelas V agar menyenangkan, menstimulasi, dan dapat meningkatkan perolehan mufrodat bahasa Arab. Salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran keping acak kategori dalam meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas V. Game ini diimplementasikan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sekarmojo sebagai sarana dalam pembelajaran mufrodat bahasa arab. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan research and development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian dan pengembangan media keping acak kategori menunjukkan bahwa media tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan penguasaan Mufradat. Hal ini berdasarkan penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan media ini memberikan pengaruh yang signifikan, dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan yakni 0,001˂0,005. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media keping acak kategori berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas lima.
Copyrights © 2025