Journal of Islamic Education Studies
Vol. 4 No. 1 (2025)

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di MTs Ibnu Sobri Jonggol: DOI 10.58569/jies.v4i1.1329

Cahaya Pramuditha (Unknown)
Muhamad Azhar Alwahid (Unknown)
Muhammad Faishal Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja guru dan mutu pendidikan di lembaga pendidikan islam. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa baik atau tidaknya kinerja dari seorang guru dapat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan seorang pemimpin (kepala sekolah). Maka dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru dan apakah mampu menjalankan perannya dalam memimpin MTs Ibnu Sobri Jonggol. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh dan mengetahui gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Ibnu Sobri Jonggol. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MTs Ibnu Sobri yang berjumlah 10 orang dan diambil seluruhnya sebagai sampel (sampel jenuh). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokratis, otoriter, bebas, dan transformasional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru berdasarkan hasil uji-t, uji regresi linear, dan koefisien determinasi. Namun, hubungan korelasi yang lemah tetap menunjukkan adanya kecenderungan arah hubungan. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun gaya kepemimpinan penting, terdapat faktor lain yang lebih dominan mempengaruhi kinerja guru di MTs Ibnu Sobri Jonggol.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIES

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Specifically discusses the issue of Islamic education. The journals scope includes research. Islamic education thinking, and fieldwork on Islamic education. The approach is interdisciplinary, encompassing, and combining perspectives from Islamic education philosophy. comparative studies of Islamic ...