Transformasi digital dalam pendidikan dasar memerlukan peningkatan literasi digital guru sebagai kunci keberhasilan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar melalui pelatihan coding berbasis pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics). Metode pelaksanaan terdiri atas empat tahapan utama: sosialisasi dan identifikasi kebutuhan, pengembangan modul pembelajaran digital, pelatihan literasi digital dan coding, serta pendampingan dan evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru terhadap konsep coding dan STEAM, dengan rata-rata skor posttest mencapai 82.93 dibandingkan 59.04 pada pretest. Guru mampu mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek digital di kelas, menghasilkan produk siswa berupa animasi, game edukatif, dan simulasi ilmiah. Program ini juga menghasilkan modul pembelajaran digital, sistem LMS, dan komunitas guru STEAM. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan coding berbasis STEAM efektif dalam meningkatkan literasi digital dan kompetensi guru, serta dapat direplikasi untuk memperkuat ekosistem pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025