Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 6 No 3 (2025): Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Model Pembelajaran Holistik Anak Usia Dini Berbasis Nilai Qur’ani Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Islam

Khodijah (Unknown)
Biltiser Bachtiar Manti (Unknown)
Ilham Raka (Unknown)
Fadla Nasrullah (Unknown)
Pirman Sah Saputra (Unknown)
Arbyan Adiyama (Unknown)
Ulya Andini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran holistik pada anak usia dini yang berlandaskan nilai-nilai Qur’ani sebagai upaya pembentukan karakter Islam. Model pembelajaran holistik ini dirancang untuk mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara harmonis sesuai dengan ajaran Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tahapan perencanaan, pengembangan, dan evaluasi model pembelajaran. Subjek penelitian terdiri dari pendidik dan anak usia dini di lembaga pendidikan yang menerapkan nilai Qur’ani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran holistik berbasis nilai Qur’ani mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap ajaran Islam sekaligus membentuk karakter religius yang kuat, seperti jujur, disiplin, sabar, dan kepedulian sosial. Model ini juga memberikan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Dengan demikian, model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai acuan bagi pendidik dalam membentuk karakter Islam sejak dini secara komprehensif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JAL

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Fokus Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat adalah berkaitan dengan hasil pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Energi, Teknologi informasi dan komunikasi, Hukum dan kebijakan publik, Sosial humaniora dan seni budaya, Ekonomi, Peningkatan kesejahteraan masyarakat, ...