Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran holistik pada anak usia dini yang berlandaskan nilai-nilai Qur’ani sebagai upaya pembentukan karakter Islam. Model pembelajaran holistik ini dirancang untuk mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara harmonis sesuai dengan ajaran Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tahapan perencanaan, pengembangan, dan evaluasi model pembelajaran. Subjek penelitian terdiri dari pendidik dan anak usia dini di lembaga pendidikan yang menerapkan nilai Qur’ani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran holistik berbasis nilai Qur’ani mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap ajaran Islam sekaligus membentuk karakter religius yang kuat, seperti jujur, disiplin, sabar, dan kepedulian sosial. Model ini juga memberikan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Dengan demikian, model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai acuan bagi pendidik dalam membentuk karakter Islam sejak dini secara komprehensif.
Copyrights © 2025