Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw berbasis media gambar seri terhadap peningkatan hasil belajar PPKn siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental, khususnya Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih melalui metode simple random sampling, yakni kelas eksperimen (IXA) dan kelas kontrol (IXB). Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya beda. Data dianalisis melalui uji prasyarat, meliputi uji normalitas (Shapiro-Wilk) dan uji homogenitas (Levene’s Test), sebelum dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan Polled Variance Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.00 0.05, dengan rata-rata skor kelas eksperimen (26.43) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (14.61). Dengan jumlah total sampel 46 siswa (23 per kelas), hasil uji statistik menunjukkan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw berbasis media gambar seri berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar PPKn siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan pembelajaran kolaboratif-visual berbasis Jigsaw dapat menjadi strategi efektif dalam mengoptimalkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran PPKn, serta berkontribusi dalam transformasi pendidikan berbasis inovasi pembelajaran aktif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025