Daya Nasional: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 3, No 1 (2025): Maret 2025

Implikasi Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Media Canva Pada Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI Sosiologi 4 MAN 2 Pontianak

Syafira, Alfia (Unknown)
Ramadhan, Iwan (Unknown)
Astari, Zuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi penerapan model pembelajaran project based learning melalui media canva pada pembelajaran sosiologi di kelas XI Sosiologi 4 MAN 2 Pontianak. Penelitian ini berfokus pada implikasi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer terdiri dari guru mata pelajaran sosiologi dan peserta didik kelas XI Sosiologi 4 MAN 2 Pontianak, serta data sekunder berupa dokumen di MAN 2 Pontianak, baik dari segi identitas sekolah, daftar nama-nama peserta didik, dan juga daftar nilai siswa berupa nilai kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan terhadap aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Implikasi aspek kognitif terlihat dari hasil nilai pengethuan peserta didik terhadap materi yang disampaikan guru pada pembelajaran project based learning melalui media canva. Implikasi aspek afektif terlihat dari hasil sikap peserta didik terhadap mata pelajaran, guru, materi dari pokok-pokok bahasan, dan terhadap hubungan sosial peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Implikasi aspek psikomotorik terlihat dari hasil proyek yang dihasilkan peserta didik dalam pembelajaran project based learning melalui media canva yaitu berupa poster. Sehingga kesimpulannya, penerapan model pembelajaran project based learning melalui media canva memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa baik itu dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Implikasi penelitian ini juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, keterlibatan peserta didik secara aktif dalam menghasilkan sebuah produk dan penguasaan terhadap teknologi yang inovatif dalam konteks pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dayanasional

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Daya Nasional: Educational Journal of Social Sciences and Humanities is a journal published by the Department of Social Sciences Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tanjungpura University in 2023. Daya Nasional contains research results in Education, Science, social, and ...