Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Penerapan LKPD untuk meningkatkan Keterampilan Critical Thinking dan Collaboration

Putri Galuh Ningtiaz (Unknown)
Sutopo (Unknown)
Hary Suswanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapakan LKPD dalam meningkatkan Keterampilan Critical thinking dan Collaboration. Hal tersebut didasari oleh pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru masih belum optimal dikarenakan guru belum pernah menggunakan LKPD sehingga keterampilan 4C yang dimiliki oleh siswa khusunya pada aspek critical thinking dan collaboration menjadi terhambat. Adapun metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian adalah dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini yakni siswa-siswi SD Swasta Kota Probolinggo dengan jumlah 16 siswa. Instrumen yang digunakan menggunakan pendekatan observasi dan wawancara. Teknik analisis datanya menggunakan langkah-langkah analisis data penelitian kualitatif yang dimulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan LKPD dalam pelaksanaan pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan critical thinking dan collaboration siswa sekolah dasar. LKPD terbukti efektif dalam memfasilitasi pembelajaran baik secara individu maupun kelompok, membantu siswa mengidentifikasi masalah, menyusun langkah penyelesaian secara sistematis, serta memahami konsep melalui kegiatan percobaan dan diskusi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...