Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka pada sekolah penggerak di SD Negeri 9 Telaga Kabupaten Gorontalo. Adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah satu kepala sekolah, tiga pendidik, dan 3 peserta didik, tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui : a) Observasi, b) wawancawa, c) Dokumentasi. Hal ini dapat di lihat mulai dari indikator perencanaan kurikulum merdeka yang sudah di buat berdasarkan pengalaman serta pemahaman ketika mengikuti program sekolah penggerak.Sehingga memudahkan pendidik dalam menyusun perangkat ajar.Pada Indikator pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka di laksanakan dengan sebaik mungkin berdasarkan kebutuhan belajar siswa walaupun masih ada sedikit kendala.Pada Indikator Evaluasi/Asesmen Pendidik sudah melaksanakannya dengan baik sesuai langkah-langkah yang sudah di tetapkan oleh sekolah. Oleh karena itu pembelajaran kurikulum merdeka ini terutama dalam tahap pelaksanaan di harapkan agar dapat meningkatkan pembelajaran peserta didik sesuai dengan tujuan yang akan di capai. Keterlibatan semua unsur terutama warga sekolah dalam mendukung peningkatan Implementasi kurikulum merdeka dengan memberikan fasilitas dan Mengembangkan potensi agar dapat mengatasi kendala saat ini.
Copyrights © 2025