Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

STRATEGI MNEMONIK DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL TRI SATYA DAN DASA DARMA PADA PRAMUKA PENGGALANG

Mawardin, Annissa (Unknown)
Febriani, Alia (Unknown)
Azzahra, Natasya (Unknown)
Fatyra, Adisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler bertujuan membentuk karakter siswa melalui pengamalan nilai-nilai Tri Satya dan Dasa Darma. Namun, banyak siswa, khususnya di tingkat penggalang, mengalami kesulitan dalam menghafal kedua kode kehormatan ini, yang menghambat internalisasi nilai-nilai luhur tersebut. Penelitian ini bertujuan menerapkan strategi mnemonik untuk membantu siswa menghafal dan memahami Tri Satya dan Dasa Darma secara lebih efektif. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD Arrofi'iyah melalui observasi, dokumentasi, dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menghafal kedua kode kehormatan tersebut. Penerapan strategi mnemonik, seperti akronim "TUH-NOL-DAS" untuk Tri Satya dan "TA CI PA PA RE RA HE DI BER SU" untuk Dasa Darma, serta teknik akrostik kreatif, terbukti membantu siswa lebih mudah mengingat dan menginternalisasi nilai-nilai tersebut. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi mnemonik tidak hanya meningkatkan daya ingat siswa tetapi juga mendukung pembentukan karakter sesuai nilai-nilai kepramukaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...