Tujuan penerapan pendidikan inklusi adalah memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk menggunakan haknya sebagai anak penyandang disabilitas agar dapat belajar bersama dengan siswa lain di lingkungan sekolah. Sekolah inklusi perlu menciptakan budaya dan lingkungan yang ramah terhadap anak penyandang disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam permasalahan dalam implementasi serta strategi yang digunakan dalam pendidikan inklusi di Sekolah Dasar. Melalui observasi dan wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah, ditemukan beberapa permasalahan dalam menjalankan pendidikan inklusi disekolah tersebut diantaranya kurangnya kompetensi guru dalam mengadaptasi pembelajaran, keterbatasan sarana dan prasarana yang mendukung, serta kurangnya dukungan dari lingkungan rumah menjadi kendala utama. Namun, sekolah ini telah melakukan upaya-upaya inovatif, seperti penggunaan teknologi assistive, kolaborasi dengan komunitas, dan pengembangan kurikulum yang fleksibel. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat tantangan, pendidikan inklusi dapat berhasil jika didukung oleh komitmen semua pihak yang terlibat. Penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, dan guru. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis, data disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai pemaknaan data yang terkumpul.
Copyrights © 2025