Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PADA SISWA KELAS RENDAH DI SDN BANGETAYU WETAN 01 SEMARANG

Fijanah, Siti Nurfika (Unknown)
Sari, Yunita (Unknown)
Ismiyati, Yulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Menganalisis strategi guru dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca pada siswa kelas rendah di SDN Bangetayu Wetan 01 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian studi literatur (litarure study). Studi literatur pada penelitian ini adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data Pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelola data penelitian secara objektif, sistematis, analitis, dan kristis tentang strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan literasi pada siswa kelas rendah di SD. Guru memiliki peran strategis dalam meningkatkan literasi membaca siswa sekolah dasar. Sebagai fasilitator, guru merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif, seperti membaca bersama, mendongeng, dan penggunaan media interaktif. Sebagai motivator, guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan penghargaan, dan mendukung siswa secara individu untuk membangun minat dan kepercayaan diri dalam membaca.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...