Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Yanti, Windi (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Nurmayani, Nurmayani (Unknown)
Angin, Laurensia Masri Perangin (Unknown)
Simanihuruk, Lidia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment yang bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Proyek Berbasis Media Aaudiovisual Pada Mata pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 101771 Tembung. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 101771 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 31 orang yang terbagi dalam dua kelas yaitu IV-A dan IV-B. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dengan pre-test dan post-test serta data hasil observasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif, analisis inferensial yang terbagi menjadi dua yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dengan bantuan SPSS 24 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 81,77 dengan standar deviasi 8,90. (2) nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 70,16 dengan standar deviasi 7,47. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial dari hasil t hitung yang telah dilakukan diperoleh sig (2-tailed yakni 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), karena signifikan lebih kecil dari 0,05, maka H0 di tolak atau H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran proyek berbasis media aaudiovisual pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101771 Tembung. Dari hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Proyek Berbasis Media Audiovisual

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...