Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

KONSEP PENDIDIKAN GLOBAL PADA PEMBELAJARAN IPS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP EKONOMI MIKRO DAN EKONOMI MAKRO

Adriyan, Dhiniartika Fibri (Unknown)
Noviyanti, Suci Sri (Unknown)
Sarah, Siti (Unknown)
Weking, Paulus Manggotu (Unknown)
Kurnia, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Pendidikan global berperan penting dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan membekali peserta didik wawasan luas, keterampilan berpikir kritis, serta pemahaman tentang isu-isu global. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan global dapat diimplementasikan melalui diskusi interaktif, studi kasus, teknologi digital, dan kolaborasi internasional. Selain meningkatkan pemahaman akademik, pendidikan global juga berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi. Dalam skala mikro, pendidikan ini mendorong kewirausahaan dan kesiapan tenaga kerja yang kompetitif, sedangkan dalam skala makro, meningkatkan daya saing nasional serta mendukung inovasi dan ekonomi berkelanjutan. Dengan demikian, pendidikan global dalam IPS menjadi strategi penting dalam membentuk individu yang siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...