Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PANCASILA BERBASIS JOYFULL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV SDN 170 MULYASRI KECAMATAN TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR

Zdikrillah, Afdholis (Unknown)
K, Nurdin (Unknown)
Rahmadani, Ervi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, merancang desain dan mengembangkan media Monopoli Pancasila Berbasis Joyfull Learning Dalam Pembelajaran PPKn Kelas IV SDN 170 Mulyasri Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur serta mengukur praktikalitas dan evektifitas media monopoli Pancasila berbasis joyfull learning dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah metode reasearch and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analiysis, Desain, development, implementation, and evaluation). Penelitian dilaksanakan di SDN 170 Mulyasri dengan subjek penelitian sebanyak 18 orang siswa di kelas IV. Objek yang diteliti adalah media monopoli Pancasila berbasis joyfull learning. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Sedangkan Teknik analisis data meliputi analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih menyukai pembelajaran yang menyenangkan, proses desain media dilakukan dengan menggunakan canva. Media pembelajaran yang dikembangkan telah melalui tahap validasi ahli media dan materi dengan kategori sangat valid. Pengujian praktikalitas oleh guru mendapatkan skor 97,5%, sementara tanggapan siswa menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 85,55%, yang berarti media ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Analisis efektivitas berdasarkan hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan pemahaman siswa sebesar 27,61%, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Dengan demikian, pengembangan media monopoli Pancasila berbasis joyfull learning ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran PPKn, serta mendukung pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan di sekolah dasar.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...