Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERITA BERGAMBAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD 112268 GUNUNG LONCENG

Tanjung, Nurul Sahpitri (Unknown)
Hatmi, Edizal (Unknown)
Lubis , Wildansyah (Unknown)
Gultom, Ibrahim (Unknown)
Ambarita, Dody Feliks Pandimun (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Cerita Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia Siswa kelas 4 SDN 112268 Gunung Lonceng. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 112268 Gunung Lonceng dengan jumlah sebanyak 54 siswa dengan kategori 28 siswa kelas kontrol dan 26 kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui instrumen Keterlaksanaan Pembelajaran, soal pre tes dan pos tes serta angket respon siswa. Penelitian ini dilaksankan salama 4 kali pertemuan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan metode Eksperimen dengan desain Quasi Experimental (Nonequivalent Control Group Design). Berdasarkan hasil analisis terlihat adanya perbedaan yang jelas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakuan. Pada saat pre-test, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 53,97 dengan standar deviasi 9,382, lebih rendah dibandingkan kelas kontrol yang memiliki rata-rata 66,90 dan standar deviasi 5,587. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa di kelas eksperimen relatif lebih rendah. Namun, setelah diberikan perlakuan menggunakan metode cerita bergambar, rata-rata nilai post-test kelas eksperimen meningkat signifikan menjadi 86,92, dengan standar deviasi yang lebih kecil (3,878), menunjukkan peningkatan yang konsisten. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan metode cerita bergambar lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...